Friday, August 23, 2013

Masjid Besar At-Taqwa Sumberrejo


Silakan anda klik slideshow diatas!....



Masjid Besar At-Taqwa
Sumberrejo


Jika anda adalah warga dunia bagian Indonesia, hidup di Jawa Timur, lahir di Kab. Bojonegoro dan tinggal tepatnya di sebuah kecamatan kecil terbanggakan bertitel Sumberrejo. Sudah barang tentu anda sangat tidak asing dengan foto-foto diatas. Fenomena sederhana yang menggambarkan sedikit selayang pandang masjid besar yang sering digunakan untuk menetaskan beberapa manifestasi dari iman islam. Tahukah anda masjid apa yang saya maksud?. Benar, masjid At-Taqwa Sumberrejo. Masjid yang juga berada di tengah-tengah komplek yayasan pendidikan dengan sekolah-sekolahnya yang berkembang semakin pesat dari tingkat SD/MI sampai perguruan tinggi.
Masjid yang didirikan sekitar tahun 1306 H/ 1888 M ini dulunya hanyalah masjid sederhana yang terbuat dari kayu, dengan empat pilar lingkaran utama yang menyangga bagian pusat masjid sebagaimana anda yang sudah familiar dengan suasana itu. Lebih-lebih jika anda adalah salah satu almamater dan pernah mengalami banyak tahun-tahun berharga di mana hidup anda diwarnai, dipulas, serta diukir disekitaran daerah ini. Lalu secara berkala dengan dana donasi dari masyarakat masjid ini mulai melakukan pelebaran sampai pada tahun 1387 H/ 1967 M (puncak pelebaran sementara) menjadi seperti foto-foto yang saya produksi diatas. Pun secara tidak sengaja potret diatas diambil pada tanggal 15 agustus 2013. Dimana seperti biasa setiap tanggal 1 dan 15 ada diselenggarakan pengajian rutinan bagi masyarakat dimasjid ini.
Barangkali, anda yang merasa hijrah ke dunia diantara tahun 80’-an atau 90’-an sangat merasakan kentalnya suasana kemegahan masjid ini dibanding dengan masjid-masjid lain disekitaran Bojonegoro. Karena mungkin dahulu gedung-gedung sekolah yang mana mengelilingi salah satu masjid tertua di Bojonegoro ini bak benteng sebuah kastil, masih terbuat dari kayu yang sudah hampir rapuh memang, hanya berdiri antara 3-4 meter saja. Namun sekarang, bangunan-bangunan yang dibangun sejak 50’-60’-an tersebut sudah mengalami pemugaran sampai mencapai empat lantai bahkan, sehingga semakin mendominasi point of view pada landscape daerah ini.
Masjid yang menurut satpam komplek pun, semakin terlihat kecil ini, juga hampir-hampir tidak muat ketika digunakan sebagai tempat penyelenggaraan sholat jum’at atau acara umum lain. Kiranya perlu mengalami perubahan berarti demi terciptanya suasana yang lebih kondusif. Sampai pada akhirnya, obrol punya obrol, ta’mir masjid pun mengumumkan rencana pemugaran pada pra-ramadhan tahun ini. Dan atas izin Allah Swt. telah berhasil dimulai pembangunan pondasi-pondasinya, sejak awal Ramadhan. Dengan kata lain masjid yang sudah memiliki banyak kenangan bersama masyarakat bojonegoro khususnya orang-orang sekitaran Sumberrejo ini akan dibongkar dan diganti bangunan baru. Usut punya usut, menurut kabar yang beredar dari ta’mir masjid estimasi anggaran yang dibutuhkan adalah sekira Rp. 17-18 Miliar. Dan pembangunan masjid yang desainnya dirancang oleh seorang arsitektur kenamaan Ir.Zacky Kurniawan ini, diperkirakan akan selesai dalam waktu kurang lebih 3 tahun.
Desas-desus yang berkembang, bangunan baru tersebut akan berbentuk tiga lantai berikut basement dibawah sebagai space parkir. Sayangnya, saya tidak mendapatkan informasi rancangan gambar secara jelas. Hanya saja, dana yang terkumpul dari masyarakat baru sekira dibawah angka 2 miliar. Sedang selama pembangunan awal berlangsung sudah menghabiskan dana hampir-hampir setengah miliar. Pasalnya seluruh komponen pengurus sudah berjibaku membawa proposal mondar-mandir ke delapan penjuru mata angin untuk mendapatkan dana yang lebih mumpuni. Apalah daya jika memang belum rejeki. Nah, maka dari itu inisiatif untuk melebarkan informasi ini kepada berbagai pihak dalam arti umat muslim di seluruh Indonesia untuk membantu dengan menjadi donatur bagi proses ini dilakukan.
Bagi siapapun anda para hamba Allah yang ringan tangan dan menghendaki amal jariyah. Yang bersedekah baik secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan. Bisa langsung datang ke komplek masjid besar At-Taqwa dan menemui ta’mir. Atau dapat juga melakukan transfer lewat teller bank, ATM, internet banking (bagi yang suka online), mobile banking, atau cara lain juga dipersilahkan. Kesempatan untuk berbagi selalu terbuka bagi anda. Namun kami menyarankan demi keamanan proses pendonasian untuk langsung datang ke TKP. Meski demikian bagi saudara-saudara di rantau nan jauh. Berikut adalah nomer rekening yang disediakan oleh pihak pengurus masjid besar At-Taqwa Sumberrejo. Diatasnamakan kepada panitia pembangunan masjid At-Taqwa Sumberrejo.


 Bank Syariah Mandiri dengan nomer Rekening :
0750091689


 Bank Jatim dengan nomer Rekening :
0692013221
 Bank BNI dengan nomor Rekening :
0228881069



 Bank BRI dengan nomor Rekening :
001101035479502








Namun, sekali lagi kami menyarankan, demi keamanan, agar anda menelpon keluarga atau saudara terdekat untuk meminta bantuan konfirmasi kepada ta'mir, apalagi jika jumlah nominal sangat besar, sebelum maupun pasca transfer dilakukan .

Source : Ta'mir dan stakeholders masjid At-Taqwa beserta masyarakat Sumberrejo


By : The Running baby
            International relation scholar

No comments:

Post a Comment

Please comment by your kindness....thanks for your visit... : )